7 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Komedo


Komedo berawal dari penyumbatan pori-pori akibat sebum dan kotoran, lalu berkembang menjadi masalah kulit lainnya. Mulai dari blackhead, whitehead, hingga jerawat. Banyak cara menghilangkan komedo yang viral di internet. Anda bisa mencobanya satu per satu. Tetapi tak ada salahnya juga mengikuti saran para ahli dermatologi yang sudah jelas lebih berpengalaman.

Berikut ini kami tampilkan tips-tips ampuh untuk menghilangkan komedo menurut para dermatologis.

1. Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur
Eksfoliasi atau proses pengelupasan kulit akan membantu menghilangkan kulit mati yang terperangkap dalam campuran minyak, sebum, dan keratin, lalu menyumbat pori- pori. Gunakan produk dengan kandungan asam glikolat dan asam laktat yang dapat membantu mengatasi komedo.

2. Coba Produk dengan Kandungan Retinoid
Retinoid dikenal sangat baik untuk meningkatkan kecepatan pergantian sel kulit, mengurangi produksi minyak, serta meringkas pori- pori. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk menemukan produk dengan kandungan retinoid yang paling tepat untuk Anda.

3. Hindari Produk yang Dapat Menyumbat Kulit
Siapapun yang sedang mencoba mengatasi masalah komedo, sebaiknya hindari penggunaan krim atau pelembap bertekstur berat. Pilihlah tekstur produk yang lebih ringan dan memiliki label non-comedogenic.

4. Coba Ekstraksi Wajah
Ekstraksi wajah tidak boleh Anda lakukan sendiri di rumah. Lakukan selalu dengan ahlinya. Melakukan ekstraksi wajah sendiri di rumah hanya akan menimbulkan bekas pada kulit.

5. Coba Masker Charcoal
Masker wajah dapat membantu menarik keluar komedo. Cobalah masker charcoal (arang).

6. Melakukan Pengelupasan Kimia
Pengelupasan kimia dapat membantu menghilangkan lapisan atas kulit kusam. Beberapa bahan kimia juga dapat membantu melepaskan komedo dari pori-pori yang tersumbat.

7. Menjaga Kebersihan Secara Teratur
Ini berarti menjaga kuas makeup tetap bersih, tidak menyentuh kulit wajah dengan tangan, dan melakukan perawatan secara rutin. Ingatlah untuk selalu mencuci muka sebelum tidur.

Demikian beberapa tips mengatasi komedo dari para ahli dermatologi.