skip to main | skip to sidebar

Senin, 04 Februari 2019

Pengertian Netmask dan Bagian-bagian alamat ip

Pengertian Netmask (subnet mask) dan Bagian-bagian alamat ip. 


Dalam blog kali ini saya ingin Mengulas tentang Pengertian Netmask (subnet mask) dan bagian-bagian alamat ip semoga ulasan saya bisa bermanfaat.
Netmask.
netmask biasa dikenal sebagai pengelompokkan pengalamatan atau terkadang di kenal juga sebagai subnet mask yang besarnya sama dengan nomor ip yaitu 32 bit.
Menurut Wikipedia Netmask atau subnet mask adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada angka perduaan (binary) 32 bit yang digunakan untuk membedakan ID jaringan (network ID) dengan ID induk, yakni: menunjukkan letak suatu induk, entah berada di jaringan setempat atau di jaringan luar.
Bagian-Bagian alamat ip.
Bagian-bagian alamat ip terdiri dari yaitu:

  1. Network ID yaitu bagian-bagian dan ip address yang menunjukkan di jaringan mana komputer tersebut berada.
  2. Host ID yaitu menunjukkan workstation,server,router,dan semua host tcp/ip lainnya dalam jaringan tersebut.
Network address. 
adalah alamat network paling pertama didalam sebuah network atau jaringan dan tidak bisa digunakan(kecuali dalam kondisi tertentu) yang dimaksud dengan kondisi termasksud kedalam kondisi tertentu adalah dimana host di paksa menggunakan full routing sebelum menuju host selanjutnya.
Menurut Wikepedia Network address adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:

  • IP versi 4 (IPv4)
  • IP versi 6 (IPv6)
  • Broadcast Address .
    adalah suatu alamat yang isinya bit 1semua,bisa memberi alamat pada semua teminal yang terhubung dengan jaringan tersebut.
    Gateway (gerbang jaringan).
    adalah ebuah perangkat yang digunakan sebagai media untuk menghubungkan suatu jaringan komputer atau beberapa jaringan komputer lainnya yang menggunakan sistem protokol yang berbeda sehingga setiap jaringan komputer dapat saling mengakses informasi yang dimiliki oleh jaringan komputer lain yang memiliki protokol berbeda.
    Menurut Wikipedia adalah adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan kaidah komunikasiyang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat dialirhantarkan ke jaringan komputer yang lain dengan kaidah jaringan berbeda. Pengartian tersebut adalah arti utama istilah gerbang jaringan.
    Seiring dengan merebaknya Internet, pengartian gerbang jaringan sering kali bergeser. Tidak jarang pula pemula menyamakan "gerbang jaringan" dengan "penghala" (router) yang sebetulnya tidak benar. 
    Ip public.
    adalah ip yang bisa diakses langsung oleh internet,yang bisa ditetapkan langsung.
    Ip private.
    adalah ip yang bisa digunakan pada jaringan lokal atau jaringan internal (intranet) dan hanya bisa diakses pada satu lokasi saja.
    jadi ip private ini tidak langsung terhubung ke intenet karena dia bersifat local area network (LAN).
    Sekian ulasan saya semoga bermanfaat...!!!!


    0 komentar:

    Posting Komentar