4 Poin Penting untuk Mengenal Asuransi Syariah


4 Poin Penting untuk Mengenal Asuransi Syariah

Asuransi menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mempersiapkan masa depan sedini mungkin. Lebih dari itu, saat ini banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia layanan asuransi. Bahkan, Anda juga tidak akan kesulitan untuk menemukan produk asuransi syariah. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk tidak segera membeli produk asuransi sesuai kebutuhan Anda.

Asuransi syariah atau dikenal dengan nama Takaful adalah asuransi yang berlandaskan pada syariah atau hukum Islam yang menjelaskan bagaimana individu bertanggung jawab untuk bekerja sama dan melindungi sesama manusia. Tidak berbeda dari asuransi konvensional, asuransi syariah juga mencakup kebutuhan kesehatan, jiwa, dan asuransi umum.

Pilihan asuransi syariah ini sangat disarankan untuk Anda yang ingin membangun kebiasaan menghindari riba untuk mendapatkan keberkahan dalam hidup. Di sini, status Anda adalah nasabah yang berkontribusi bukan hanya sebatas pemegang polis seperti asuransi konvensional.

Konsep asuransi berbasis syariah didasarkan pada gotong royong. Jadi, jika salah seorang dari Anda mengajukan klaim, maka akan dibayarkan dari dana yang merupakan bentuk kontribusi bersama.

Yuk, simak 4 alasan di bawah ini untuk mengenal lebih lanjut tentang produk asuransi syariah!

1. Asuransi Syariah adalah alternatif dari asuransi konvensional

Dewasa ini, masyarakat sudah menyadari pentingnya memilih produk keuangan syariah dibandingkan produk keuangan konvensional. Mulai dari tabungan, pilihan investasi, hingga pilihan asuransi. Hal ini dilakukan karena menyadari bahwa Islam menentang riba yang dihasilkan dan prinsip ketidakpastian yang dilarang syariat.

2. Alih-alih membayar premi, asuransi sistem syariah lebih mengedepankan pertanggungan bersama

Semua pemegang polis asuransi jenis ini sudah setuju untuk saling menjamin dan memberikan kontribusi pada kumpulan produk reksadana dibandingkan membayar premi. Jumlah dana umat yang terkumpul akan dibagikan kepada kontribusi masing-masing nasabah sesuai dengan profil keadaan pribadi mereka. Seperti rincian sifat risiko dan durasi waktu pertanggungan serupa dengan polis asuransi konvensional.
Dana asuransi syariah ini dikelola oleh lembaga-lembaga yang sudah dijamin pemerintah dengan membebankan biaya yang disepakati untuk menutup biaya penanggulangan produk asuransi Anda. Termasuk biaya penjualan dan pemasaran, penjamin emisi, dan manajemen klaim.

3.   Klaim Anda akan dibayarkan dari dana surplus yang tersisa

Setiap klaim yang Anda ajukan akan dibayarkan dari surplus hasil pengelolaan dana anggota. Anda juga bisa membuat provisi untuk biaya klaim di masa depan dan menjadi pemilik dana tersebut. Jadi, dana Anda akan didistribusikan sebagai dividen tunai, ya.

4. Prinsip asuransi syariah berdasarkan hukum Islam dan terdiri dari asuransi kesehatan, jiwa, dan umum.

Ada beberapa prinsip asuransi syariah, yaitu:

    Asuransi syariah harus beroperasi sesuai dengan prinsip Islam, karena mayoritas ahli hukum Islam menyimpulkan bahwa asuransi konvensional tidak sejalan dengan prinsip agama Islam.
 Perusahaan asuransi harus memelihara dua dana terpisah: dana peserta dan pemegang polis, dan dana pemegang saham.
       Tidak mengandung unsur al-gharar atau ketidakpastian.
       Tidak dianggap bentuk perjudian.

Menilik uraian di atas, maka bisa disimpulkan bahwa asuransi jenis ini menjadi pilihan tepat untuk Anda dan keluarga yang ingin memiliki produk asuransi yang tidak keluar dari aturan syariat. Produk asuransi syariah ini menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin senantiasa berhati-hati dalam mengelola dana untuk masa depan. Oleh karena itu, apabila Anda kurang nyaman dengan produk asuransi konvensional, maka Anda bisa beralih ke asuransi syariah.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!