skip to main | skip to sidebar

Rabu, 06 November 2019

Inilah yang Membedakan Fungsi Laptop Gaming dengan Laptop Biasa

 Inilah yang Membedakan Fungsi Laptop Gaming dengan Laptop Biasa Inilah yang Membedakan Fungsi Laptop Gaming dengan Laptop Biasa

Memilih laptop sebenarnya bukan hal yang sulit. Hanya saja, tiap orang terlalu mengkhawatirkan spesifikasi laptop gaming yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan dibutuhkan. Berbeda dengan laptop biasa, fungsi laptop gaming menawarkan beragam keunggulan. Diantaranya, pengguna bisa lebih leluasa bermain game dengan nyaman tanpa gangguan perangkat yang lemot. 

Selebihnya, untuk kebutuhan komputasi harian seperti mengerjakan tugas, browsing internet, hingga mengetik, laptop gaming jauh lebih lancar dan cepat ketimbang laptop biasa. Kira-kira, apa sajakah yang membedakan fungsi laptop gaming dengan laptop biasa? Simak terus ulasannya dibawah ini ya!

Jumlah VGA yang Disematkan

Khusus laptop gaming saat ini sudah tersedia 2 VGA didalamnya. Satu VGA berupa video card dan lainnya yang telah terintegrasi dengan prosesor. Adanya VGA yang terintegrasi ini mendukung performa yang lebih efektif. Tak hanya pada laptop gaming, sebenarnya pada laptop biasa pun saat ini sudah ada yang memiliki 2 VGA. Namun, hanya dengan VGA yang telah teringrasi saja, pengguna sudah bisa menggunakan laptop untuk kegiatan berupa mengetik.

Prosesor Laptop Gaming Jauh Lebih Mumpuni

Perbedaan lain antara laptop gaming dengan laptop biasa terletak pada prosesor yang digunakan. Untuk urusan gaming, tentunya laptop telah didesain khusus dengan prosesor yang canggih. Ya, setidaknya prosesor yang disematkan berupa intel core i5 atau AMD FX-Series dengan quad core didalamnya.

Sementara itu, laptop biasa pada umumnya digunakan untuk mengerjakan tugas biasa seperti mengolah data, membuat presentasi, ataupun mengetik. Nah, untuk kebutuhan tersebut, prosesor dengan intel core i3 sebenarnya sudah cukup layak. Dari situ terlihat jelas perbedaan prosesor yang disematkan.

Kapasitas RAM yang Digunakan

Dibandingkan dengan laptop biasa, tentunya laptop khusus gaming menawarkan kapasitas RAM yang lebih tinggi. Ya, kapasitas RAM sebenarnya juga hal penting yang harus diperhatikan saat membeli laptop gaming selain VGA dan prosesor. Sebab, jika RAM pada laptop yang Anda incar tidak memiliki kapasitas yang besar, tidak masalah asalkan ada slot tambahan untuk meng-upgrade-nya.

Selain itu, untuk keperluan laptop biasa, kapasitas RAM yang disematkan pada umumnya tidak terlalu besar. RAM 2 GB sudah terbilang cukup bagus. Namun, bagi Anda yang mengutamakan performa, maka disarankan untuk memilih RAM yang lebih besar supaya lebih stabil dan cepat.

Bagaimana dengan media penyimpanannya? Sebenarnya ada dua jenis media penyimpanan yaitu SSD dan HDD. Fungsi SSD laptop gaming tidaklah berbeda dengan HDD. Hanya saja, kapasitas HDD lebih cocok untuk gaming karena lebih besar storage-nya. Berbeda dengan SSD yang lebih kecil. Namun, bagi Anda yang menggunakan laptop biasa untuk kebutuhan sehari-hari, media penyimpanan SSD sudah oke.

Desain Keyboard yang Menyala

Selain fungsi SSD pada laptop gaming yang tidak berbeda dengan laptop biasa, ada hal lain lagi yang menarik. Ya, desain keyboard pada laptop gaming memiliki kemampuan untuk menyala ketika dinyalakan. Inilah pembeda yang kentara antara fungsi laptop gaming dengan laptop biasa.

Fungsi keyboard menyala ini sebenarnya bukan hanya ajang pamer, namun menambah keseruan saat bermain game. Berbeda dengan laptop biasa yang memiliki desain keyboard hitam putih saja.

Kemampuan Upgrade

Sebenarnya, hal ini tergantung dari jenis laptop gaming yang Anda pilih. Jika laptop gaming Anda upgradeble, maka segalanya bisa diubah sesuai keinginan seperti kapasitas RAM ataupun hardisk.

Nah, itulah beberapa pembeda antara laptop gaming dengan laptop biasa. Saking canggihnya, ada pula sebagian orang yang lebih memilih laptop gaming untuk aktivitas komputasi harian biar lebih lancar ketimbang laptop biasa. Jangan lupa, cek produk laptop gaming terbaik dan terbaru hanya di JD.ID!

0 komentar:

Posting Komentar