Cara Menghitung Siklus Menstruasi Secara Manual

Menghitung Siklus Menstruasi

Menstruasi memiliki siklusnya sendiri. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Rata-rata siklus menstruasi wanita adalah 28 hari. Namun, kisaran normal yang sebenarnya adalah 25 hingga 38 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Beberapa wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa di sini akan dijelaskan cara menghitung siklus menstruasi untuk memudahkan Anda. 

Menghitung Siklus Menstruasi

1. Mencatat tanggal kapan menstruasi

Anda dapat menggunakan kalender biasa di rumah atau yang ada di smartphone Anda. Pastikan untuk selalu mencatat hari pertama haid Anda setiap bulannya. Ingat untuk mencatatnya setiap bulan, jangan sampai ada yang terlewatkan sehingga perhitungan menjadi lebih lancar.   

2. Ingat tanggal terakhir menstruasi bulan lalu

Setelah mencatat tanggal awal menstruasi, pastikan Anda mencatat berapa lama menstruasi Anda berlangsung. Mari kita asumsikan bahwa siklus Anda berlangsung selama 7 hari, yaitu dari hari pertama pada tanggal 5 Maret Anda akan mengalami menstruasi hingga 11 Maret. Gunakan kalendar menstruasi Untuk Hitung Menstruasi

Cara menghitung siklus menstruasi bisa dengan menghitung jarak antara haid bulan lalu dan sekarang. Misalnya di bulan Maret Anda haid tanggal 5 Maret. Lalu di bulan April ternyata Anda haid di tanggal 1 Maret artinya Anda memiliki siklus menstruasi 28 hari.   

Dengan mengetahui siklus menstruasi Anda maka Anda akan dapat memprediksi menstruasi Anda di bulan berikutnya. Namun, siklus juga dapat berubah setiap bulan dan dianggap normal selama antara 25 dan 38 hari jadi jangan panik jika menstruasi terlalu cepat atau lebih dari 28 hari asalkan masih normal. Anda juga bisa menggunakan aplikasi kalender menstruasi dari Charm Girl’s Talk.  

3. Catat Kapan Akan Mengalami PMS

Setelah mengetahui cara menghitung siklus menstruasi, Anda dapat memprediksi kapan PMS atau menstruasi akan terjadi. Meskipun gejala PMS disebabkan oleh campuran perubahan kondisi hormon estrogen, progesteron dan serotonin.

Inilah cara menghitung siklus menstruasi. PMS adalah normal untuk setiap wanita dan tidak memerlukan perhatian medis khusus. Namun, PMS terkadang bisa sangat mengganggu seperti mengalami kram, sakit perut, pusing, mood tidak jelas yang sangat mengganggu aktivitas tentu perlu diwaspadai.