skip to main | skip to sidebar

Jumat, 27 Maret 2020

Inilah Ciri-ciri Sakit Ginjal yang Perlu Anda Waspadai


Inilah Ciri-ciri Sakit Ginjal yang Perlu Anda Waspadai

Ginjal adalah salah satu organ yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Apabila salah satu ginjal atau kedua ginjal yang ada di dalam tubuh bermasalah, maka kinerja ginjal tersebut tidak bisa maksimal dan keadaan tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Bila ginjal sudah bermasalah maka tubuh tidak mampu untuk menghilangkan racun serta kotoran lain yang masuk di dalam tubuh. Ginjal memang memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh seperti contohnya adalah digunakan sebagai pengendali tekanan darah dan juga digunakan sebagai penyaring cairan yang berlebih yang masuk dalam tubuh. Maka dari itu mengingat sangat pentingnya fungsi ginjal bagi tubuh, maka sudah merupakan suatu kewajiban bahwa Anda harus mengetahui ciri-ciri sakit ginjal.

Apabila ginjal yang ada di dalam tubuh sudah bermasalah, maka ada banyak sekali beberapa penyakit yang mungkin akan mengintai kesehatan Anda. Seperti contohnya adalah penyakit batu ginjal, gagal ginjal akut sampai dengan infeksi ginjal. Ada beberapa gejala sakit ginjal yang mungkin bisa dengan mudah Anda rasakan mengingat penyakit gagal ginjal ini merupakan salah satu kondisi penyakit kronis yang bisa berakibat fatal yakni hingga mencapai kematian. Apabila bila ginjal sudah rusak.

Bila Anda bisa mendeteksi penyakit gagal ginjal lebih awal, maka akan lebih bisa kemungkinan bagi Anda untuk sembuh dari penyakit tersebut. Biasanya orang yang menderita penyakit ginjal memang tidak sadar bahwa ginjal mereka bermasalah. Hal ini dikarenakan penyakit ginjal memang sering dikaitkan dengan beberapa gejala penyakit yang lain. Berikut ini adalah beberapa ciri penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui:

1. Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Salah satu ciri yang muncul saat menderita penyakit gagal ginjal adalah intensitas buang air kecil yang semakin meningkat. Intensitas tersebut akan semakin meningkat saat malam hari. Hal ini dikarenakan ginjal yang sudah tidak bisa berfungsi dengan baik yang mengakibatkan ginjal tidak bisa menyaring segala sesuatu yang masuk dalam tubuh dengan baik. Kondisi inilah yang menjadi penyebab intensitas buang air kecil meningkat setiap malam hari.

2. Daerah Sekitar Mata Bengkak

Apabila kondisi ginjal yang ada di dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik, hal ini akan berdampak pada daerah yang ada di sekitar mata akan mengalami pembengkakan. Hal ini adalah sebagai akibat dari protein albumin yang bocor dan menyebar ke daerah luar jaringan. Dan area di sekitar mata yang membengkak biasanya disebabkan oleh kebocoran protein albumin yang seharusnya ada dan tersimpan dengan baik di beberapa bagian tubuh namun malah bocor.

3. Bengkak Pada Kaki dan Betis

Ciri ketiga yang sering muncul saat menderita penyakit gagal ginjal adalah kaki dan betis yang mudah dan sering bengkak. Kondisi pembengkakan yang terjadi di area kaki dan juga betis dan terkadang juga menjalar ke beberapa bagian tubuh yang lain seperti pergelangan kaki biasanya disebabkan oleh solium yang ada di dalam tubuh mengalami penumpukan yang berlebih.

Untuk bisa dengan mudah mengetahui dan mendeteksi ciri-ciri sakit ginjal adalah bisa Anda rasakan apabila Anda kesulitan untuk konsentrasi dan pikiran sering buyar atau tidak bisa fokus. Apabila Anda bisa mendeteksi gangguan yang terjadi pada ginjal Anda dengan baik, maka Anda akan lebih mudah untuk cepat sembuh tetapi bila kondisi ginjal yang Anda miliki sudah parah, maka jalan satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan cuci darah yang menghabiskan biaya tidak sedikit.


0 komentar:

Posting Komentar