skip to main | skip to sidebar

Jumat, 25 Januari 2019

Pengertian Jaringan Komputer Dan Sejarah Jaringan Komputer

Pengertian jaringan komputer.
Dalam Blog kali ini saya ingin membahas pengertian jaringan koputer,latar belakang dan sejarah jaringan komputer , Jenis-jenis jaringan,topologi jaringan,ip address,Domain Name system (DNS).
menurut saya pengertian jarinagan komputer adalah hubungan antara dua komputer yang saling bertukar data,perangkat maupun informasi sehingga terjalin suatu komunikasi.             
 Sejarah jaringan komputer dan latar belakang. 

Pada tahun 1940-an ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama-sama.Hal ini terus berkembang hingga tahun 1950-an jenis komputer mulai bervariasi sampai terciptanya super komputer.Karena mahalnya harga perangkat komputer ada tuntutan bahwa komputer harus mampu melayani beberapa terminal.itulah yang mendasari konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal nama TTS(Time Sharing system) bentuk aplikasi pertama kali sebuah jaringan (Network) komputer.

sumber: https://www.flickr.com


Konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed processing).Dalam proses ini beberapa komputer Host (Server) mngerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host.
sumber:https://id.wikipedia.org

Jenis-jenis jaringan.

1.LOCAL AREA NETWORK (LAN).

LOCAL AREA NETWORK (LAN)  merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran bebrapa kilometer .LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk memakai sumber daya (resource)  seperti printer secara bersama-sama dan sling bertukar informasi.

sumber:https://www.indoworx.com




2. METROPOLITAN AREA NETWORK (MAN)

METROPOLITAN AREA NETWORK (MAN) merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan atau sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum.
sumber:https://www.gurupendidikan.co.id


3. WIDE AREA NETWORK (WAN)
   
Memiliki jangkauan yang mencakup daerah geografis yang luas WAN mampu menlingkupi sebuah negara bahkan benua. Jenis-jenis jaringan ini terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjangkau program-program (aplikasi) pemakai (user).
sumber:https://id.wikipedia.org


4.INTERNET

(kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komunikasI yang menggunakan media elektronik. yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.


sumber: https://spectrum.ieee.org


5.WIRELESS (JARINGAN TANPA KABEL).

Wireless atau wireless network merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sehingga terbentuk sebuah jaringan komputer dengan menggunakan media udara/gelombang sebagai jalur lintas datanya. Pada dasarnya wireless dengan LAN merupakan sama-sama jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya, yang membedakan antara keduanya adalah media jalur lintas data yang digunakan, jika LAN masih menggunakan kabel sebagai media lintas data, sedangkan wireless menggunakan media gelombang radio/udara. Penerapan dari aplikasi wireless network ini antara lain adalah jaringan nirkabel diperusahaan, atau mobile communication seperti handphone, dan HT.

sumber:http://dinda-rompas.blogspot.com






Topologi jaringan.
adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.
Dsini saya akan membahas topologi jaringan  yang banyak digunakan saat ini adalah topologi bus,topologi token ring dan star.

CONTOH TOPOLOGI

1.Toplogi Bus
sebuah topologi yang media transmisinya menggunakan kabel tunggal atau kabel pusat  tempat yang menghubungkan client dan server. Topologi bus ini memakai kabel BNC dan di bagian kedua ujungnya harus diberi terminator. Sebenarnya Topologi ini cukup sederhana serta mudah ditangani, tetapi saat ini telah banyak ditinggalkan dikarenakan padatnya lalulintas data dan jika terdapat satu node yang rusak maka seluruh jaringan tidak bisa berfungsi.
sumber:http://pangeranarti.blogspot.com

Keuntungan topologi bus:
- Lebih Hemat kabel, karena media transmisinya hanya memakai kabel tunggal serta terpusat sehingga tidak memerlukan kabel yang banyak.
- Mempunyai Layout kabel yang sederhana, dalam pemasangan topologi bus skema dan rancangan kabel yang dipakai sangat sederhana sehingga pemasangannya lebih mudah.
- Mudah dikembangkan, karena dalam pengembangan jaringan komputer baik client maupun server bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu komputer lain.
Kerugian topologi bus:
- Sulit mengidentifikasi kesalahan jika jaringan mengalami gangguan.
- Lalu lintas data padat karena topologi bus menggunakan kabel terpusat sebagai transmisi.
- Jika terdapat salah satu client yang rusak, maka jaringan tidak dapat berfungsi.
- Sebagai penguat sinyal dibutuhkan repeater untuk jarak jauh.

2.TOPOLOGI TOKEN RING 
Adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
Pada Topologi cincin, masing-masing titik/node berfungsi sebagai repeater yang akan memperkuat sinyal disepanjang sirkulasinya, artinya masing-masing perangkat saling bekerjasama untuk menerima sinyal dari perangkat sebelumnya kemudian meneruskannya pada perangkat sesudahnya, proses menerima dan meneruskan sinyal data ini dibantu oleh TOKEN.
TOKEN berisi informasi bersamaan dengan data yang berasal dari komputer sumber, token kemudian akan melewati titik/node dan akan memeriksa apakah informasi data tersebut digunakan oleh titik/node yang bersangkutan, jika ya maka token akan memberikan data yang diminta oleh node untuk kemudian kembali berjalan ke titik/node berikutnya dalam jaringan. Jika tidak maka token akan melewati titik/node sambil membawa data menuju ke titik/node berikutnya. proses ini akan terus berlangsung hingga sinyal data mencapi tujuannya.
Dengan cara kerja seperti ini maka kekuatan sinyal dalam aliran data dapat terjaga. Kemampuan sinyal data dalam melakukan perjalanan disepanjang lingkaran adalah hal yang sangat vital dalam Topologi cincin.
Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan. Topologi ring digunakan dalam jaringan jauh saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.

sumber:https://www.maxmanroe.com


Kelebihan:
  • Mudah untuk dirancang dan diimplementasikan
  • Memiliki performa yang lebih baik daripada topologi bus, bahkan untuk aliran data yang berat sekalipun.
  • Mudah untuk melakukan konfigurasi ulang dan instalasi perangkat baru.
  • Mudah untuk melakukan pelacakan dan pengisolasian kesalahan dalam jaringan karena menggunakan konfigurasi point to point
  • Hemat kabel
  • Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data.


Kekurangan:
  • Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan. Namun hal ini dapat diantisipasi dengan menggunakan cincin ganda (dual ring).
  • Pengembangan jaringan lebih kaku, karena memindahkan, menambah dan mengubah perangkat jaringan dan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
  • Kinerja komunikasi dalam jaringan sangat tergantung pada jumlah titik/node yang terdapat pada jaringan.
  • Lebih sulit untuk dikonfigurasi daripada Topologi bintang
  • Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandles

3.TOPOLOGI STAR 
merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah

sumber:https://www.maxmanroe.com


Kelebihan:
  • Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
  • Tingkat keamanan termasuk tinggi.
  • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
  • Akses Kontrol terpusat.
  • Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan.
Paling fleksibel.

Kekurangan:
  • Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti.
  • Boros dalam pemakaian kabel.
  • HUB/SWITCH jadi elemen kritis karena kontrol terpusat.
  • Peran hub sangat sensitif sehingga ketika terdapat masalah dengan hub maka jaringan tersebut akan down.
  • Jaringan tergantung pada terminal pusat.
  • Jika menggunakan HUB dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan jaringan lambat.
  • Biaya jaringan lebih mahal daripada bus atau ring.

IP ADDRESS (ALAMAT IP).

IP Address adalah sebuah alamat pada komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain, IP Address terdiri dari 4 Blok, setiap Blok di isi oleh angka 0 - 255. Contoh IP Address seperti 192.168.100.1 , 10.57.38.223 , ini adalah IPv4.

IP Address Memiliki 2 bagian, yaitu Network ID dan Host ID , contoh 192.168.100.1 , secara default Net ID nya adalah 192.168.100 dan Host ID nya adalah 1, agar komputer bisa saling terhubung , IP yang digunakan Net ID nya harus sama, dan Host ID nya harus berbeda.
Agar mudah ngerti, Net ID adalah nama jalan dan Host ID adalah nomor Rumah, jadi Jln. Diponegoro No 3 , jika nama jalan dari beberapa orang sama, maka nomor rumah mereka tidak mungkin sama.

KELAS A , pada kelas A 8 bit pertama adalah network Id, dan 24 bit selanjutnya adalah host Id,kelas A meiliki network Id dari 0 sampai 127.
KELAS B , pada kelas B 16 bit pertama adalah network Id, dan 16 bit selanjutnya adalah host Id, kelas B memiliki network id dari 128 sampai 191

KELAS C, pada kelas C 24 bit pertama adalah network Id, dan 8 bit selanjutnya adalah host Id, kelas C memiliki network id dari 192 sampai 223

KELAS D, IP kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer, dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 – 239.255.255.255

KELAS E,  memiliki range dari 240.0.0.0 – 254.255.255.255, IP ini digunakan untuk eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP address di masa yang akan datang.

Domain Name System(DNS).
Domain Name system (DNS) adalah suatu system yang memungkinkan nama suatu host pada jaringan komputer atau internet di translasikan menjadi ip address (alamat ip).

Sekian Dari Ulasan saya Mengenai Pengertian jaringan,Jenis jaringan,Toplogi jaringan,Ip address, dan Domain Name system (DNS) 


0 komentar:

Posting Komentar