skip to main | skip to sidebar

Selasa, 26 November 2019

Tips Menjalani Bisnis Reseller yang Handal


Tips Menjalani Bisnis Reseller yang Handal


Buat sebagian orang mungkin menjalani Bisnis Reseller seperti pekerjaan yang kurang menjanjikan, namun faktanya jika kamu memahami beberapa hal penting sebelum menjadi reseller, kamu bisa sukses. Maka dari itu pebisnis muda yang ingin mengembangkan kreativitasnya harus mengetahui cara menjadi reseller online shop agar bisnis yang dikelolanya dapat berkembang dengan baik.

Salah satu peluang kerja yang menggunakan sistem Internet biasanya akan menjadi suatu bisnis yang bisa kamu lakukan. Mengingat Social Commerce Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Hal ini tak lepas dari banyaknya keuntungan yang didapat para penjual dan pembeli jika menggunakan sistem online.

Namun, untuk menjalankan Bisnis Reseller, kamu harus memiliki perencanaan, strategi dan kreatifitas seperti berikut.

Perencanaan, Strategi dan Kreatifitas Menjalani Bisnis Reseller

Tentukan Produk yang Akan dijual

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para reseller pemula adalah tidak melakukan riset produk terlebih dahulu. Kebanyakan dari mereka langsung melakukan kegiatan bisnis online. Padahal menentukan produk yang akan di jual akan sangat membantu kamu dalam memaksimalkan usaha yang akan dilakukan.

Sebisa mungkin pilihlah produk-produk yang memang yang kamu kuasai dan tentunya memiliki peminat yang tinggi. Agar bisnis yang kamu jalankan terlihat lebih profesional, karena pastinya kamu lebih mengenal mengenai produk yang kamu tawarkan.

Tentukan Sasaran Pembeli Produk

Jika kamu telah memantapkan pilihan menjadi reseller online. kamu harus melakukan analisis siapakah sasaran produk yang akan kamu jual. Mulai dari usia, hobi, jenis kelamin dan faktor-faktor lainnya.

Hal ini akan berdampak pada strategi marketing yang akan di gunakan. Dan juga akan membantu menimalisir kerugian-kerugian yang mungkin akan terjadi ke depannya.

Perhatikan Kepopuleran Produk

Pada umumnya seseorang membeli suatu produk terkadang dari kepopulerannya. Pembeli biasanya juga lebih percaya kepada produk yang sudah sering mereka dengar atau tidak asing bagi mereka, walaupun terkadang kualitas yang ditawarkan kurang begitu bagus.

Namun jika kamu tetap bertahan pada pilihan produk yang kamu yakini akan laku di pasaran, teruslah lakukan promosi dan jangan pernah membuat konsumen kecewa.

Cari Supplier yang Terpercaya

Faktor supplier menjadi sangat penting saat kamu memutuskan menjadi seorang reseller. Kesalahan memilih supplier akan berdampak pada bisnis yang kamu jalankan.

Maka dari itu, disarankan untuk mencari informasi selengkap mungkin tentang supplier produk yang ingin kamu jual seperti izin, struktur organisasi, lama perusahaan, cabang yang telah di miliki dan masih banyak faktor lainnya.

Analisis Saingan Produk

Mengenal segala hal tentang kompetitor merupakan sebuah keharusan bagi reseller. Tentunya akan membuat kamu dapat mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Dengan demikian akan membantu kamu memilih brand yang layak untuk produk yang kamu jual.

Analisis kompetitor bukan bertujuan untuk menghancurkan atau mengalahkannya, tetapi untuk menentukan strategi penjualan. Dan memberi alasan mengapa konsumen harus membeli produk yang kamu jual.

Mekanisme Pelayanan

Mekanisme pelayanan sangat penting di perhatikan. Karena hal ini menjadi salah satu kunci keberhasilan atau kegagalan bisnis online kamu. Seperti mekanisme pembayaran, prosedur pembayaran, pengemasan hingga prosedur pengiriman barang.

Sebagaimana kamu tahu bahwa konsumen adalah raja yang segala keinginan harus terpenuhi. Dengan mengetahui mekanisme pelayanan perusahaan produk yang kamu jual, dapat mengurangi kesalahpahaman dengan konsumen.

Melihat Harga Barang

Jangan pernah terpikir untuk langsung mendapatkan untung yang banyak. Pikiran tersebut dapat merusak bisnis kamu sendiri. Sesuaikan dengan sasaran pasar yang telah di analisis, hal ini berguna untuk mengurangi tingkat kerugian bisnis kamu.

Mulailah pelajari apakah dengan harga yang telah kamu tetapkan dapat terjangkau di kantong calon konsumen.

Lakukan Analisis dan Evaluasi

Pastikan bahwa niat kamu menjadi reseller online shop bukan sekedar iseng atau coba-coba. Jika demikian, lebih baik tunda mimpi kamu. Bulatkan tekat dan niat bahwa menjadi reseller adalah cara kamu membantu menambah penghasilan dan membantu orang-orang mendapatkan produk yang mereka butuhkan.

Promosi

Pastikan kamu memiliki materi promosi yang cukup. Misalnya foto produk yang bisa kamu unggah di sosial media, atau testimoni dari para pelanggan yang sudah membeli produk kamu.


0 komentar:

Posting Komentar