skip to main | skip to sidebar

Senin, 16 September 2019

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi dengan Benar


Cara Membersihkan Botol Susu Bayi dengan Benar

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan bayi yaitu kebersihan dari botol susu. Anda tidak diperbolehkan jika mencuci botol susu secara sembarangan. Tidak hanya asal bersih saja, namun Anda juga harus memperhatikan teknik ketika mencuci botol susu bayi. Mengingat bahwa sisa dari susu yang ada dalam botol dapat memicu adanya bakteri yang bisa tumbuh.

Jika botol susu bayi tidak dibersihkan secara benar menggunakan sabun botol susu bayi dan sudah di sterilkan, maka sudah bisa dipastikan bahwa kuman atau bakteri di dalam botol susu akan semakin berkembang. Apabila hal ini dibiarkan secara terus-menerus maka hal ini bisa menimbulkan penyakit bagi si buah hati. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara membersihkan botol bayi dengan cara yang benar, ikuti panduan tips yang ada di bawah:

- Cuci tangan Anda terlebih dahulu menggunakan sabun dan menggosok bagian sela sela jari selama kurang lebih 20 detik lalu bilas dengan air mengalir.
- Pisahkan semua bagian botol susu seperti dot, botolnya dan tutup botol.
- Setelah itu bilas botol bagian dalam menggunakan air mengalir.
- Kemudian tempatkan seluruh bagian botol susu dalam wadah yang sebelumnya sudah diisi dengan air panas atau air hangat.
- Lalu sikat semua bagian botol menggunakan sabun botol susu bayi. Jangan sembarang memilih sabun untuk mencuci botol bayi. Sedangkan sabun yang direkomendasikan yaitu sleek baby.
- Ketika membersihkan dot bayi, Anda dapat menekan bagian dot menggunakan jari Anda pada air mengalir.
- Setelah itu bilas botol susu menggunakan air mengalir sampai sabun botol susu bay hilang. Kemudian bersihkan dan keringkan botol susu menggunakan handuk atau bisa membiarkan botol kering dengan sendirinya.

Pada bayi yang berusia dibawah 3 bulan, sterilisasi maupun sanitasi pada botol dapat dilakukan. Terlebih lagi untuk bayi yang lahir prematur atau mempunyai kekebalan tubuh yang lemah. Proses ini bisa Anda lakukan dengan memasukkan semua botol dalam panci yang sudah berisi dengan air mendidih. Rebus botol susu kurang lebih selama 5 menit kemudian saat mengambilnya gunakan penjepit yang steril.

0 komentar:

Posting Komentar