skip to main | skip to sidebar

Senin, 10 Juni 2019

Alasan Untuk Mudik Lebaran Ke Kepri


Sensasi terbaik dihadirkan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyambut #PesonaMudik2019. Dari mulai destinasi yang eksotis, kuliner yang menarik hingga event yang seru siap menyambut pemudik yang pulang ke Kepri.

Yang mau berwisata tinggal pilih destinasi yang diinginkan. Apalagi yang hoby berwisata bahari, sudah pasti akan terpuaskan. Betapa tidak, Kepri merupakan Gerbang Wisata Bahari Indonesia.

Terdiri dari 7 kabupaten/kota, Kepri memiliki 2408 pulau. Di mana 19 pulau diantaranya merupakan pulau terdepan Indonesia. Cakupan wilayahnya pun lebih banyak lautan dibanding daratnya. Bahkan cakupan wilayah lautnya mencapai 96 persen.

"Hamparan laut, pantai, serta pulau-pulaunya sangat indah. Belum lagi pemandangan bawah laut, ribuan flora fauna, bebatuan dan pemandangan alam lainnya. Semua itu merupakan "keberkahan" sepenggal tanah surga yang dikaruniakan oleh Sang Pencipta. Itu semua siap menyambut wisatawan yang berlibur lebaran di Kepri," ujar Kadispar Provinsi Kepri Buralimar, Senin (3/6).

Bukan saja karunia alamnya yang indah, Kepri juga punya atraksi seni budaya yang tidak dipunyai daerah lain. Ada Makyong yang hanya ada di Batam dan Bintan. Atau Gubang yang dimiliki Anambas. Ada juga kesenian Mendu yang hanya dijumpai di Natuna. Ketiga seni budaya tersebut bersanding manis dengan ratusan tarian tradisional dan modern. Semuanya dikemas dengan langgam lenggok serta musik zapin yg serasi.

"Belum lagi nyanyian daerah yg bernuansa melayu. Karena jelas, Kepri adalah Bundanya Tanah Melayu, ( The Motherland of Malay). Kepri punya catatan sejarah kerajaan melayu yang panjang. Bahkan dahulu kala, cakupan kekuasaannya sampai ke wilayah semenanjung malaysia, sumatera dan kalimantan," ucap Buralimar.

Kepri juga punya punya pesona kuliner yang menggiurkan. Ada kernas roti gendang, mie lendir, mie tarempa, sop ikan dan sebagainya. Kelazatannya bahkan mampu membuat hasrat untuk kembali lagi ke Kepri.

Event-eventnya pun selalu up to date. Entah itu event budaya, buatan dan kreasi. Bahkan Kepri terkenal sebagai jawara event sport tourism, Indonesia. Keberadaan berbagai event sport tourism tersebut mampu membuat wisman dan wisnus berbondong datang. Sebut saja, Tour de Bintan yang mampu menyedot 1.600 wisman. Belum lagi Iron Man, atau pun Bintan Triathlon yang digelar 7-9 Juni meramaikan libur Lebaran di Bintan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengakui pesona Kepri yang luar biasa. Pesonanya bahkan membuat Kepri menjadi pintu gerbang wisman ketiga di Indonesia. Bahkan disaat libur Lebaran sekali pun.

Alasannya cukup kuat. Mantan Dirut Telkom itu mengatakan, pada dasarnya budaya di Singapura dan Malaysia itu sama dengan budaya di Kepri, budaya Melayu. Belum lagi kedekatan kekerabatan di antara masyarakatnya. Hal ini membuat mereka pun ingin kembali mudik bertemu dengan sanak saudara di Kepri. Sekaligus berwisata bersama keluarga.

"Karena moment mudik Lebaran menjadi momentum yang baik berwisata bersama keluarga. Tak ada salahnya menyempatkan mengunjungi destinasi-destinasi yg ada. Sekaligus mencicipi bermacam kuliner khas yang tidak ditemukan di tempat lain. Dan juga menyaksikan persembahan atraksi budaya alam dan buatan yang ada di Kepri. Ayo ke Kepri! Balek kampung, mudik sambil berwisata dengan keluarga," ujar Menteri asal Banyuwangi itu. 

0 komentar:

Posting Komentar